Anugerah Presiden Turki untuk Seni dan Budaya

19.16.00

"Anugerah ini diberikan kepada nama-nama yang dinilai telah berkontribusi besar terhadap perkembangan seni, budaya dan ilmu humaniora di Turki."

Logo Presiden Turki
Tahun 2015 Anugerah Utama Presiden Turki untuk Seni dan Budaya (Cumhurbaşkanlığı Kültür ve Sanat Büyük Ödülü) telah dihelat akhir tahun 2015, tepatnya pada tanggal 29 Oktober 2015 kemarin. Anugerah tahunan yang diadakan sejak 1995 ketika Süleyman Demirel menjabat presiden menjadi ajang anugerah paling bergengsi dari presiden Turki untuk para seniman dan sastrawan. Anugerah ini diberikan kepada nama-nama yang dinilai telah berkontribusi besar terhadap perkembangan seni, budaya dan ilmu humaniora di Turki.
[Münir Özkulü
Nama-nama yang menyandang predikat grand award tersebut adalah Münir ÖZKUL (bidang senima dan perfilman), Rasim ÖZDENÖREN (bidang sastra), Mehmet Genc (​​bidang sejarah), Orhan Gencebay (bidang musik), Hüseyin Kutlu (bidang seni tradisi), dan (alm.) Cemil MERİÇ (sebagai anugerah dan kesetiaan)

Sebagai penerima di bidang senima dan perfilman, Münir ÖZKUL (lahir di Istanbul, 15 Agustus 1925), dinilai telah berkontribusi dalam menghadirkan karakter-karakter yang berbeda dan mengembangkan khazanah tradisional dengan bahasa estetika yang efektif dalam dunia perfilman modern; kekuatan menampilkan ekspresi seni universal dari kelompok masyarakat yang berbeda dengan humor dan kecintaan yang begitu besar kepada profesinya dan telah mengabdi secara profesional selama puluhan tahun.
[Resim Özdenören]
Lahir tahun 1940 di Kahramanmaraş, Rasim ÖZDENÖREN dikenal luas sebagai cerpenis, novelis dan penulis esai. ÖZDENÖREN dianggap layak karena mampu memberikan pemahaman tentang dunia sastra yang abstrak dengan menggabungkan estetika  kehidupan dan menyentik gairah berpikir yang menunjukkan etika dan moral melalui buku-buku Kafa Karıştıran Kelimeler (Kata-Kata yang Membingungkan Pikiran), Yumurtayı hangi Ucundan Kırmalı (Telur yang Harus Dipecahkan) dan Gül Yetiştiren Adam (Lelaki yang Menanam Mawar). Dengan karya-karyanya di bidang sastra, ÖZDENÖREN telah menyebarkan benih dan bibit yang telah berkecambah di ranah sastra Turki.
[Orhan Gencebay]
Penyanyi musik folklor Turki terkenal Orhan GENCEBAY (lahir 4 Augustus 1944 di Samsun) dianggap telah mengabdi untuk musik rakyat—dari suara lokal untuk  selera universal—dengan pengetahuan dan perspektif bermusik yang luas; mempunyai gaya sederhana, unik dengan kualitas suara polifonik yang telah melekat dalam perasaan bersama rakyat Turki.
[Mehmet Genç]
Sementara Mehmet GENÇ (lahir di Artvin 4 Mei 1934) dinilai telah berkontribusi kepada historiografi modern dengan mendalami dan berkarya yang luas terhadap sejarah Ottoman. 
[H,seyin Kutlu]
Peran kesenian di bidang tulisan Arab (Osmanlı) dan khat telah menunjuk Hüseyin KUTLU (lahir di Konya tahun 1949) sebagai sosok yang telah mengabdi kepada peradaban Ottoman di Turki. Dan anugerah kesetian (anumerta) diberikan kepada Cemil MERİÇ (1916-1987) yang telah berkarya kepada Turki melalui buku-buku penting yang berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan di Turki.
[Camil Meriç]


<ts/bjecen>
 (Tulisan diadaptasi dari media lokal Turki dan situs http://www.tccb.gov.tr/)

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »