10 Akun Twitter Turki dengan Pengikut Terbanyak

18.02.00
Di era internet seperti sekarang ini persebaran informasi makin cepat tak terbendung dan media sosial  sangat berperan penting dalam menyebarkan informasi. Salah satu media sosial yang paling banyak penggunanya adalah Twitter. Dalam tulisan ini saya ingin menilik pengguna Twitter Turki dengan pengikut terbanyak. Menurut data yang dirilis http://twitturk.com/  berikut 10 pengguna Twitter Turki dengan follower terbanyak per 10 April 2016.

1. Cem Yılmaz (11.011.308 pengikut)
[Sumber Foto +vidivodo]
Cem Yılmaz adalah seorang komedian, aktor, penulis skenario dan juga sutradara terkenal asal Turki. Salah satu film paling populer yang dibintanginya adalah Bir Çanakkale Filmi : ‘The Water Diviner’. Film ini bercerita tentang seorang ayah asal Australia yang kehilangan tiga anaknya karena ikut berperang di Çanakkale. Skenario film tersebut ditulis oleh Andrew Knight. Cem Yılmaz dikenal luas sebagai salah satu komik / stand up comedian Turki paling populer. Stand up berjudul ‘Ne vereyim abime?’ bercerita tentang seorang pelayan restoran garson kental dengan unsur ke-Turki-an. Penasaran bagaimana lucunya? Tonton aja di Youtube hehe.

2. Recep Tayyib Erdoğan (8.154.257 pengikut)
[Sumber Foto @imctv.com.tr]
Recep Tayyib Erdoğan merupakan presiden Turki yang saat ini sedang menjabat. Pada pilpres langsung tahun 2014 Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) mengusung Erdoğan sebagai capres dan berhasil membawa Erdoğan ke kursi presiden. Sebelum menggantikan Abdullah Gül sebagai presiden, Erdoğan pernah tiga kali menjabat Perdana Menteri. Politisi yang mengawali karir politik bersama Partai Refah ini semasa SMA juga sempat bermain sepakbola di liga amatir. Mantan walikota Istanbul ini berhasil memperbaiki perekonomian Turki sejak menjabat sebagai PM pada tahun 2002. Erdoğan mempunyai jiwa nasionalisme tinggi.  Contohnya adalah dia memungut bendera Turki yang jatuh di lantai, bendera yang harus ada sebagai penunjuk tempat para pemimpin negara saat sesi foto kenegaraan berlangsung di acara G20 France 2011 dan ditaruh di sakunya.

3. Abdullah Gül (7.639.465 pengikut)
[Sumber Foto @Haberplatosu.com]
Abdullah Gül adalah presiden Turki ke 11. Pada saat menjadi presiden tepatnya tahun 2011—atas undangan presiden SBY—Abdullah Gül pernah melakukan kunjungan resmi ke Indonesia. Abdullah Gül juga mendapat gelar doktor kehormatan dari Universitas Indonesia. Abdullah Gül merupakan salah satu pendiri partai AKP bersama Recep Tayyib Erdoğan. Pria asal Kayseri tersebut sekarang sedang ‘menikmati masa tenang’ karena sudah tak aktif di dunia politik.

4. Galatasaray SK (6.379.801 pengikut)
[Fans Galatasaray. Sumber Foto +YouTube]
Galatasaray SK merupakan klub olahraga yang berdiri tahun 1905 di Istanbul. Tim sepakbola Galatasaray pernah menjadi juara Piala Eropa pada tahun 2000 setelah mengalahkan Arsenal di pertandingan final. Selain sepakbola , Galatarasy SK juga mempunyai tim basket, bola voli, handball dsb. Sebagai pendukung Galatasaray, saya sedikit kurang senang melihat posisi tim berjuluk Cimbom ini di liga Turki. Galatasaray berada diurutan ke-4 di bawah Torku Konyaspor.

5. Fenerbahçe SK (5.037.860 pengikut)
[Sumber Foto @Kazete.com.tr]
Fenerbahçe SK berdiri tahun 1907 di Istanbul. Klub ini merupakan musuh bebuyutan Galatasaray SK di semua bidang. Derbi Istanbul antara kedua tim sepakbola tersebut selalu menarik perhatian seluruh pecinta sepakbola di Turki. Tanggal 13 April 2016 yang akan datang akan berlangsung pertandingan derbi Istanbul di markas Galatasaray. Pertandingan ini sebenarnya dijadwalkan berlangsung minggu kemarin. Namun waktu itu Turki sedang waspada akan serangan teroris yang sedang marak, maka pertandingan diundur.

6. Ata Demirer (6.168.676 pengikut)
[Sumber Foto @Uakor.com]
Ia mengawali karir di panggung hiburan sebagai pianis di salah satu klub malam di Bursa. Karir musiknya kemudian dilanjutkan di Istanbul. Lagu-lagu ciptaannya bergenre ala Turka. Lagu dia yang saya suka karena ritmenya yang enak di telinga adalah : Fıldır fıldır Hayriye, Bu fasulye 7,5 lira. Selain berkarir di dunia musik, Ata melebarkan sayapnya ke dunia komedi. Ia sering tampil sebagai komika seperti Cem Yılmaz.

7. NTV Spor (5.499.944 pengikut)
NTV Spor adalah media milik Doğuş Yayın Grubu yang memulai siaran televisi pada tahun 2008. NTV Spor hadir menyediakan berita olahraga lebih detail dan dengan masa siaran yang lebih lama.

8. Okan Bayülgen (5.653.883 pengikut)
[Sumber Foto @Kimnereli.com]
Okan Bayülgen adalah seorang aktor, fotografer dan juga host di sebuah acara televisi.

9. NTV (5.593.576 pengikut)
NTV merupakan kanal televisi swasta yang berdiri tahun 1996. Pada tahun 1999 Doğuş Yayın Grubu mengakuisisinya. Kehadiran NTV Spor bertujuan untuk melengkapi berita olahraga yang disiarkan oleh NTV.

10. Demet Akalın
[Sumber Foto +Haberler]
Demet Akalın adalah penyanyi pop perempuan Turki. Akalın dijuluki pop müziğin kraliçesi (ratu musik pop). Salah satu lagu populernya adalah Çalkala yang telah ditonton lebih dari 58 juta kali di Youtube.

Demikian 10 daftar akun Twitter Turki dengan follower terbanyak. Kita bisa mengelompokkan pengguna Twitter tersebut ke dalam tiga bidang, politik (Reccep Tayyib Erdoğan, Abdullah Gül), Olahraga dan Berita (Galatasaray SK, Fenerbahçe SK, NTV Spor, NTV) dan hiburan (Cem Yılmaz, Ata Demirer, Okan Bayülgen, Demet Akalın). 


Hari Pebriantok
Salah satu pendiri Turkish Spirit. Mahasiswa asal Sragen sedang studi Jurnalistik di Selcuk University, Konya Turki dan pecinta fotografi.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »