Secret Admirer a la Mahasiswa Turki

18.33.00

Bisa jadi ada yang ke kampus hanya untuk melihat ‘doi’ yang menjadi pujaan hati

[Foto Yasmin Amelia Rizar]
Selain identik dengan tugas yang menumpuk, paper, presentasi, proyek dan segala macam bentuk penderitaan yang kita alami semasa kuliah, masih ada satu hal yang tak bisa dilewatkan dalam kehidupan a la mahasiswa: percintaan!

Bukan cuma di Indonesia, semua universitas di negara lain pasti juga memiliki cirikhas di antara beragam kehidupan mahasiswanya. Hal ini juga terjadi di Turki. Bisa jadi ada yang ke kampus hanya untuk melihat ‘doi’ yang menjadi pujaan hati, bisa juga ada yang suka nongkrong di kantin demi curi-curi pandang si ‘dia’ yang sedang disukai. Atau, kita sampai nggak memperhatikan hoca (guru) yang menjelaskan karena ada ‘pemandangan’ indah yang lain! Bisa jadi kan? Ada fenomena unik apa sih dalam persoalan romance mahasiswa Turki?

Di Turki dikenal istilah itiraf sayfası (confession page) yang telah menjadi tradisi bagi banyak universitas-universitasnya. Saya sendiri mengetahui keberadaan itiraf sayfadi universitas di mana saya belajar, beberapa minggu yang lalu sebelum ujian final. Saya melihatnya dimulai saat sedang duduk santai di kantin bersama dua orang teman kelas. Setelah berbincang-bincang mengenai banyak hal, entah bagaimana sampai juga pokok pembicaraan kami kepada itiraf sayfası universitas kami di salah satu media sosial yang lagi ngehits (read: instagram).

Sampai di asrama, saya menjadi penasaran mengenai hal ini. Saya coba menelusuri postingan-postingan yang ada di page ini lalu memastikan apa fenomena ini hanya dimiliki oleh universitas saya atau juga pada universitas lain. Dan, hasil yang saya temui, tentu saja, universitas-universitas lain di Turki pun memiliki confession page mereka masing-masing. Jadi, sebenarnya apa sih itiraf sayfası itu?

İtiraf sayfası adalah salah satu wadah (di media sosial, seperti Istagram) di mana mahasiswa yang barangkali sedang galau dapat mengungkapkan perasaan-perasaan terpendamnya yang nanti akan di-publish di halaman pengakuan ini tanpa harus diketahui siapa identitas asli pengirimnya. Mahasiswa yang ingin curhat akan mengirimkan foto yang berisikan tulisan mengenai curhatan tersebut kepada admin page melalui fitur direct message, lalu si admin yang akan mem-publish foto tersebut. Contoh dari pengakuan yang pernah saya lihat di itiraf sayfası universitas saya adalah tulisan seperti ini:
[Foto: Yasmin Amelia Rizar]
(Kita punya satu kelas yang sama dan aku tahu kalau kamu sering memandang ke arahku. Kenapa kamu tidak datang dan menyapa? Kita saling memandang, dan hanya sampai di situ saja. Jika begini terus, jangan pernah memandang lagi. Jangan memberikanku harapan, itu yang ingin aku sampaikan)

Selain contoh di atas, masih banyak lagi pengakuan super romantis atau bisa jadi alay dari secret admirer yang identitasnya disamarkan menjadi anonym di page ini. Pengakuan ini tidak terbatas hanya untuk masalah romance, bisa juga berupa komplain atau kritik mengenai kampus atau hal lainnya di lingkungan universitas. Nah, kalau kamu mahasiswa di Turki, ayo cek itiraf sayfası kampusmu, bisa jadi kamu ada di salah satu pengakuan a la secret admirer teman sekampus! Siapa tahu? :D


Yasmin Amelia Rizar
Mahasiswi asal Aceh, kelahiran tahun 1997. Sekarang sedang menempuh studi Hubungan Internasional tingkat sarjana di salah satu universitas di Istanbul. Hubungi Yasmin lewat surel yasuminrizaru@gmail.com.

Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar