"Aku" Chairil Anwar dalam Bahasa Turki

06.40.00
Pada salah satu pusat dokumentasi naskah-naskah tua perpustakaan pemerintah Turki di Istanbul, ada dua buah sajak karya salah satu penyair terbaik yang pernah dilahirkan oleh Tanah Air kita Indonesia diterjemahkan ke dalam bahasa Turki. Berikut adalah satu sajak berjudul Aku yang diterjemahkan oleh Engin Aşkın dimuat pada sebuah majalah seni Yedipede, salah satu media sastra yang berpengaruh pada dekade tahun 1960-1980-an dan pernah memuat puisi-puisi Orhan Pamuk. Setelah tahun 1984 Yedipede berhenti terbit. Terjemahan sajak Aku termuat dalam edisi tahun ke-22, Nomor 184 (380), Agustus 1971.
[Sajak Aku-nya Chairil Anwar. Foto +Bernando J. Sujibto]

BEN

Benim yaşadığım çağda
İsterim bütün hıçkırıklar kesilsin
Yaşlar kurusun senin gözlerinde de
Çekilsin görüntüden bütün ağlıyanlar

İşte dikildim önünüzde
Ben bildiğiniz başkaldıran yaratık
Ben dostlarının sırt çevirdiği

Varsın parçalasın gövdemi kurşunlar
Ben sarsılmadan yürürüm geleceğe

Acılar taşırım yaralı gövdemde
İleriye doğru ta ötelere
Durmadan çarpışmak kardeşler
Bir kez bile yılmadan
Kahır yokolana kadar

Artık dönülmez çizgideyim, bir bak
Yılgıyı aştığım bölümde
İçimde bir tutku belirir apansız
İsterim bin yıl daha yaşamak


****

AKU

Kalau sampai waktuku
Kumau tak seorang 'kan merayu 

Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu!

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari

Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak peduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi

****

BEN

(Terjemahan versi Zul Qarnain Abdullah, mahasiswa Sastra Inggris di
Istanbul Kultur Universitesi, Turki)

Benim zamanım gelince
Hiç kimse beni ayartıp övsün istemem
Senden bile

Üzülmem de

Sürüsünden ayrılmış
bir vahşi hayvanım

Geçsin kurşunlar tenimden
Koşmayı bırakmam, çarparım

Üstümdeki yarayla zehirle koşarım
Koşarım acılar bitip tükenene kadar

Daha da aldırmayacağım
Yaşamak isterim bin sene daha


Silahkan Baca Juga

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar